Sudah ku amati sejak lama,laman opini publik,tajuk rencana,cerpen hanya di isi oleh orang-orang itu saja.Seperti tidak ada 'amunisi baru'.Tidak ada gebrakan dalam dunia penulisan.Apa yang terjadi dengan masyarakat sekarang? Masih adakah beban di dalam kepala sehingga berat untuk menulis?

Ya dengan fenomena seperti ini,aku cuma ingin membagi pengalaman dengan akhi/ukhti semua.Perkenalkan hamba Tuhan yang masih belajar ini,Haidar Ali Akbar.Yang dulu sempat bersekolah di Sma Pomosda,Tanjunganom,Nganjuk.Tapi aku bukan orang Jawa lohh hehe.Aku lahir di Kemayoran,Jakarta Pusat.Kok bisa jauh banget? Ya bisa dong,karena pengalaman hidup yang yelah di beri Rahmat-Nya.

Kembali ke awal topik masalah.Topik yang sangat menarik untuk di bahas.Masalah menulis dan di tulis hehe.Selama belajar di Sma Pomosda,telah banyak di bina untuk menulis.Mulai dari menulis makalah,sampai cerpen.Nah,edisi kali ini,aku akan membagi pengalaman saja.Eiitt,tapi ini bukan hasil pemikiranku,tapi aku menuliskannya untuk kalian semua.Semoga ini menjadi awal untuk ku terus menulis.Semoga bermanfaat yaa.

  1. Hilangkan dulu anggapan kalau 'menulis itu susah,menulis itu untuk orang pendidikan tinggi,dll'.Karena itulah halangan kita untuk menulis.Itu faktor internal,tapi ada faktor internal yang lebih dalam lagi.Yaitu paskan dulu niatmu.Innama a'malu binniyat.Segala sesuatu di tentukan niat.Niatkanlah untuk ibadah kepada-Nya.Selama pembelajaran di Pomosda,aku di ajari untuk tidak berorientasi materi atau bahkan ingin di puji.Sekali lagi,paskan niat kalian dulu.
  2. Latihanlah menulis tentang hal-hal kecil dulu guys.Seperti buku diary menjelang tidur malam.Yang penting konsissiten.Kalau mau cara lain,ada cara lagi.Siapkan sebuah buku tulis,lalu tulislah di sampulnya seperti : Kitabku,Ini ceritaku,Bukuku dll.Jadi kita menulis masalah kita dan coba mengeksplornya.Kita bisa menulis insomnia,gejalanya,cara mengatasi,tapi dengan kalimat sendiri okee.Thanks to Ust.Rono Djamaludin to teaching me .
  3. Perbanyaklah membaca buku.Kenapa harus banyak baca buku? Karena membaca dan menulis itu satu paket guys.Tidak bisa tidak,dengan membaca semakin banyak perbendaharaan kata di tempurung kepala kita.Sehingga kata-kata tidak monoton itu saja.Dan cakrawala kita akan terbuka.Bukan maksud menyombongkan diri,sejak kecil ayahku sering membelikan banyak buku.Sudah banyak buku yang ku lahap hehe.Sampai mataku terkena miopi hehe.Karena terus membaca smapai malam.
Sudah cukup itu saja,yang penting di praktekan.Niatkan semua untuk ibadah,maka semua akan lancar dan beres,Amin.Nah satu lagi sebagai tambahan.Jika kalian sudah ada yang mencoba mengirim di media massa,jikalau nasib berkata lain.Jangan kecewa,be positive guys :).Anggap saja,pinrednya sedang capek sehingga tidak total damal menilai tulisanmu,atau bahkan sudah ada tulisan lait yang sudah di muat sehingga tulisanmu tidak di muat.Yang penting jangan anggap tulisan kalian jelek,okee.
Wasasalam
Add caption