Pada sekitar tahun 1700-an di tanah Batavia sudah diduduki oleh tentara dagang VOC. Kegiatan yang awalnya berdagang namun berubah menjadi menginvasi karena keserakahan nafsu. Tidak berhenti disitu, warga lokal pun diperas keuangannya untuk menghidupi tentara VOC Belanda.
            “Wah udeh  keterlaluan sekali mereka sembarang ngambil harta-harta kite.” Seru seorang pemuda dengan logat betawi yang kental. “Kita harus berbuat ape nih tung.” Temannya menjawab.
            Setelah seharian mengintip rumah Gubernur Jendral Jan Pieterzon Coen, kedua pemuda ini pun tidak bisa berbuat banyak. Dikarenakan melihat senjata dan keberingasan tentara yang baru saja menjagal 20 pemuda kampung sudah membuat ngeri. “Bener-bener sudah kelewatan.” Geram Si Pitung terdengar giginya yang berketuk.
            Malam pun tiba seperti biasa dengan jeritan dan tangisan wanita dan anak kecil yang sehabis melihat ayah atau suami mereka dikuliti hidup-hidup. Menambah kengerian yang merasuki setiap dinding rumah penduduk menunggu kapan mereka akan dijagal jika tidak menuruti kemauan mereka.
            Tapi tidak bagi sang pemuda yang sedang giat latihan silat betawi dengan sang Guru, Bang Jampang. Di tengah hutan gelap diterangi bulan purnama dan lima buah obor besar. Si Pitung pun latihan dasar-dasar silat. “Ayo tung, jangan lemah kaye perempuan.” Ucap Bang Jampang membakar semangat.
            Si Pitung adalah pemuda betawi berusia 16 tahun yang hidup dengan keluarga miskin. Sang ayah, Bang Naim adalah hanya buruh tani dan guru ngaji bocah-bocah dan ibunda , Nyak Maimun seorang pedagang buah di pasar Mester Cornelis (Jatinegara). Sudah dari kecil Si Pitung melihat orang tuanya diperas dan disakiti oleh kumpeni, sebutan bagi orang betawi. Hal itulah yang membuat Si Pitung bercita-bercita menjadi jagoan silat “Babe, aye mau jadi jagoan silat supaye ntar bise ntu ngusir kumpeni.” Ucap Si Pitung kepada Bang Naim. Semenjak itulah Bang Naim mencari guru silat dengan harapan bisa melawan kumpeni di tanah mereka.
            Sambil menyeruput bir plethok khas betawi, Bang Naim bertamu di kediaman guru silat Bang Jampang. “Bang, anak aye mau jadi jagoan silat supaye ngusir ntu kumpeni. Tolong aye bang, sebage imbalan aye kasih buah-buahan dagangan bini aye.” Pinta si babe Naim. Fokus dan mengambil nafas teratur , Bang Jampang pun menjawab “Sudah seharusnya aye ngelatih bocah-bocah kampung bukan menunggu permintaan elu Im. Aye juge udeh gerah liat kelakuan ntu kumpeni. Insya Allah aye bisa ngajarin, besok abis shubuh elu same anak lu dateng di mari.” Pungkas Bang Jampang mengakhiri.
            Semenjak subuh itu, Si Pitung yang baru berusia 10 tahun sudah berlatih silat dengan Bang Jampang. Semenjak saat itu pula Si Pitung diasuh oleh Gurunya untuk pengoptimalan latihan dan semenjak saat itu pula Si Pitung berpisah dengan orang tua kandungnya. Seminggu sekali sang ayah menjenguk sambil membawa buah jambu dan pisang ambon kesukaan si Pitung.
***
            Setelah pulang dari pemantauan rumah Sang Gubernur Jendral, Pitung dan Rojali kembali ke kediaman sang Guru. Di pinggiran hutan, mereka mendapati seorang ibu tua yang sedang disiksa oleh tentara kumpeni. “Tolong, aye beneran gak ada duit.” Isak sang ibu. Dengan pertimbangan matang, mereka berdua menantang tentara yang berjumlah 5 orang itu untuk berduel. Terdengar suara letusan senapan beberapa kali namun mereka berdua lincah mencari perlindungan. “Li, elu muter di belakang mereka, elu ganggu perhatian mereka.” Ucap Pitung. Dengan sigap dan perlahan Rojali memutar arah untukk menyergap mereka. Terdengar keras bahasa Belanda yang tidak dimengerti oleh Pitung.
            Saat lengah dan benar saja Rojali melumpuhkan tiga orang tentara dengan tiga tendangan jurus Silat Kemayoran. “Ayo tung, hajar.” Teriak Rojali. Saat tentara sibuk mengisi senapan yang sudah habis, Pitung menghajar mereka sampai pingsan dengan jurus Puteran Condet.
            Sang Ibu pun selamat dan mengucapkan terima kasih kepada mereka berdua. Mereka berdua pun mempunyai pemikiran yang sama. “Gimane kalo kita sergap dan hajar kumpeni yan abis malak. Trus kite bagi uangnye ke fakir miskin.” Celetuk Rojali. “Ya, aye juge setuju ame omongan elu Li. Kite harus diem-diem jangan sampai ketangkep.” Pungkas Pitung.
            Tidak terhitung berapa jumlah tentara yang lumpuh dan tewas ditangan mereka. Tidak terhitung pula jumlah gulden yang tidak sampai ke kantong VOC. Mendengar laporan kapten tentara, Sang Jendral pun naik pitam dan memerintahkan untuk mencari siapa yang berani menantangnya. Untuk sementara waktu rakyat betawi merasa aman dan tentram karena sudah tidak terlihat tentara kumpeni karena ditarik ke pangkalan oleh sang Kapten. Namun dibalik kenyamanan tersebut, kumpeni mengirim antek-antek untuk memata-matai hal mencurigakan terkait keberadaan sang pahlawan betawi.
            Antek-antek dibawah komando Bang Sabeni , jagoan silat yang berkhianat terhadap rakyat betawi. Bang Sabeni meletakkan mata-mata di sudut-sudut perkampungan, pasar, masjid hingga perumahan. Pitung, Rojali dan rakyat betawi tidak mengetahui siasat ini.
            Saat asyik menyerang dan menyergap tentara ternyata Bang Sabeni juga mengirim antek-anteknya menyamar sebagai tentara. Dengan cara itu supaya bisa mudah mengerti apa yang dikatakan mereka berdua. Benar saja, Pitung dan Rojali berteriak setelah mengalahkan tentara. “Nih dengerin kumpeni-kumpeni, aye Pitung Bin Naim binti Maimun, jagoan silat nyang akan mengusir kalian.” Seru Si Pitung.
            “Sekarang kerahkan pasukan dan tangkap orang tuanya dan Rojali. Paksa Pitung untuk hadir dan kita bunuh mereka semua.” Perintah Jendral J.P Coen kepada sang kapten Van de Beek.  
            Firasat Bang Jampang pun sangat tidak enak. Beliau khawatir akan keselamatan muridnya dan rakyat betawi. Beliau pun cemas menunggu kedatangan si Pitung dan Rojali.
            Benar saja, ketika Rojali pulang sendirian setelah beraksi dengan Pitung. Rojali terjerat perangkap yang sudah dibuat oleh kumpeni berkat bantuan mata-mata. Tubuh Rojali tergantung di atas pohon dengan posisi terbalik. Singkat cerita, kepala Rojali pun terpisah dari tubuhnya dikarenakan tidak mau menjawab keberadaan Pitung.
            Padepokan silat Bang Jampang pun gempar mendengar kabar kepala Rojali ditemukan di tengah hutan. Sontak saja membuat Bang Jampang dan Pitung marah dan menangis mendengar kondisi muridnya. “Awas saja kau Belanda !!!!”
            Suasana di tanah betawi pun mendadak geger dan mencekam bahwa satu pahlawan mereka sudah gugur. Rakyat betawi pun sadar bahwa bahaya sudah mengancam nadi mereka.
            Pitung yang sudah geram dan marah meminta ilmu sakti dan mandra guna kepada Gurunya untuk menuntaskan dendamnya. Sang Guru pun menturuti kemauan muridnya itu dan memulai latihan terakhir. Tiba-tiba Bang Jampang mengeluarkan benda hitam dari sakunya dan benda tersebut adalah jimat kebal senjata dan peluru. “Ini pitung, pelengkap dari semua latihan elu selame ni. Ini buat elu mengusir penjajah.” Tegas bang Jampang.
            Si Pitung pun memakai jimat tersebut dan mencoba langsung dengan senjata tajam. Benar saja, golok dan parang pun tidak mampu menebus leher Pitung. Hal ini semakin membuat Pitung bersemangat dan termotivasi memperjuangkan cita-cita luhurnya. “Aye mohon restu Bang Jampang.” Ucap Pitung.
            Keesokan harinya di kediaman Gubernur Jendral, Bang Sabeni melaporkan tugasnya selama ini. “Jendral, Pitung sepertinya sudah siap untuk melawan.” Jendral pun memerintahkan Kapten Van de Beek mengerahkan pasukan untuk menangkap orang tua Pitung dan memberi maklumat ke seluruh tanah betawi bahwa Pitung untuk datang ke Alun-alun kota sore ini. “Siap Jendral.”
            Mendadak pasar Mesteer Cornelis mendadak ramai dan ricuh saat seluruh pasukan datang untuk mengambil paksa Bang Naim dan Mpok Maimun. Seluruh rakyat mamasang badan  untuk mereka. Namun sia-sia saja, nyawa pun melayang ditembus timah panas.
            Dalam waktu singkat orang tua Pitung dalam genggaman Belanda, dan menunggu di tengah Alun-alun kota. Pria paruh baya yang lolos dari peluru pun tergesa-gesa menuju padepokan Bang Jampang. “Assalamulaikum Jampang, Pitung. Aye mau kasih tau kalo nyak babe elu dibawe kumpeni ke alun-alun.” Teriak pria itu. Bang Jampang yang saat itu tidak ada dirumah dan keluarlah si Pitung. “Ape???? Nyok kite sekarang ke sane !!!!” ucap Pitung sambil memakai jimat pemeberian Gurunya.
            “Semoga Allah kali ini mengijinkan aye menang dan menumpas kumpeni.” Doa si Pitung. Setelah 30 menit mengendarai kuda menuju alun-alun, tampak keramaian terjadi di situ. Pitung pun melihat orang tua mereka sudah siap untuk dijagal. Kudanya pun semakin kencang berlari.
            “Akhirnye datang juga kau Pitung hahahaha.” Ucap jendral dengan logat betawi. “Cepet lepasin nyak babe aye, kalo gak aye bunuh elu-elu semua.” Balas Pitung. Sang Jendral pun memberi komando untuk menyerang. Setengah pasukan maju dan Pitung sudah siap dengan golok betawinya.
            Pertumpahan darah tidak terelakkan, banyak yang tewas dari Belanda. Dan si Pitung nampak baik-baik saja tanpa luka dan kerja jimat itu berhasil. Hal ini membuat Jendral marah.”Aye tuntasin sekarang juga, maju !!!!” teriak Pitung berlari ke arah Jendral.
            Namun tiba-tiba, langkah Pitung semakin memberat dan kakinya tidak bisa digerakan sehingga Pitung pun terdiam tak bergerak. Jendral pun tertawa “hahahaha baru saja kau tertipu dengan jimat itu.” Ujar jendral.
            Tiba-tiba muncul sang Guru dihadapan Pitung dan berkata. “jimat yang kau pakai ini sudah ku mantrai sehingga kau menjadi seperti ini. Aku ini adalah Mpu Raja, dukun dari kerajaan Pajajaran. Jimat itu berfungsi jika ku mantrai, kalau aku berhenti memantrai jijmat itu akan membuat pengguna tidak bisa bergerak dan tidak kebal senjata.” Ucap dukun itu sambil tertawa.
            “Jadi selama ini aye ditipu ame elu !!!” teriak Pitung. “Aku bergabung dengan Jendral karena aku telah diberi istri canti dan dikaruniai 3 anak. Maka aku harus membalas budi. Asal kau tau , aku bisa berubah menjadi apa saja sesuai kehendak ku haha.”

            “Tembak dan penggal kepala orang tua Pitung sekarang.” Perintah Jendral. Sepeleton pasukan sudah bersiap menembak dan penjagal sudah siap mengesekusi. Bunyi nyaring senapan dan ngilunya pedang berayun membelah leher mangakhiri perjuangan pahlawan Betawi ini. Sebuah akhir kisah yang tragis untuk jiwa-jiwa pemberani tanah air.